.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

06 November 2015

Contoh Soal Momentum dan Pembahasannya

ferdisetiawan20 - Momentum Linear dan Impuls dipelajari di bangku SMA kelas 11 dalam mata pelajaran Fisika. Bab ini juga mempelajari tentang tumbukan dan pengaruh massa benda terhadap kecepatan benda sesaat setelah tumbukan.
Ingat kembali bunyi hukum kekekalan momentum, yaitu:
Momentum sebelum tumbukan sama dengan momentum setelah tumbukan
Momentum dilambangkan dengan huruf (p) dengan rumus p = mv, dengan m adalah massa benda dalam satuan kilogram dan v adalah kecepatan benda dalam satuan meter per detik.

Berikut ini adalah 4 soal momentum beserta pembahasannya.
Perhatian!!! Soal-Soal dibawah ini adalah murni buatan author ( pemilik ) blog ini.

SOAL MOMENTUM

  1. Suatu hari Andi melemparkan sebuah batu dengan kecepatan 2 m/s mengarah ke sebuah bola yang mula-mula diam. Bola tersebut kemudian bergerak searah batu dengan kecepatan 3 m/s. Jika perbandingan massa batu dan massa bola adalah 3:1, maka kecepatan batu setelah terjadi tumbukan adalah...
  2. Rudi naik skateboard dengan kecepatan 4 m/s ke depan. Jika dia meloncat ke arah kanan dengan kecepatan 1 m/s, tentukan kecepatan skateboard jika massa Rudi adalah 15 kali massa skateboard!
  3. Cahya berada di atas perahu yang berjalan dengan kecepatan 3 m/s. Arus sungai berlawanan dengan perahu dengan kecepatan 1 m/s. Jika kemudian Cahya melompat ke belakang dengan kecepatan 0,25 m/s, hitunglah kecepatan perahu relatif terhadap permukaan tanah, jika massa Cahya dan perahu adalah sama!
  4. Mobil bermassa 100 kg yang mula-mula diam melaju dengan percepatan 1 m/s. Mobil tersebut menjalani uji tumbukan dengan menumbukkannya pada sebuah dinding. Tentukan kecepatan mobil setelah tumbukan, jika jarak antara mobil dan dinding adalah 450 cm dan dinding tidak bergerak sama sekali sebelum maupun sesudah tumbukan!
PEMBAHASAN SOAL MOMENTUM
1)
Diketahui :
  • v batu = 2 m/s
  • v' bola = 3 m/s
  • m batu = 3 m bola ( perbandingan batu : bola = 3 : 1 )
Ditanya : v' batu ... ?
Dijawab:
Gunakan rumus hukum kekekalan momentum! m1v1 + m2v2 = m1v1' + m2v2'

3m x 2 + m x 0 = 3m x v' + m x 3
6m = 3mv' + 3m
3m = 3mv'
v' = 1 m/s

Jadi, kecepatan batu setelah tumbukan adalah 1 m/s.

2)
Diketahui :
  • v skateboard = 4 m/s ( ke depan )
  • v' Rudi = 1 m/s ( ke kanan )
  • m Rudi = 15m skateboard
Ditanya : v skateboard ... ?
Dijawab:
Berhati-hatilah jika Anda menemukan soal seperti ini. Jika Rudi meloncat ke arah kanan, maka dia melompat searah dengan sumbu x. Sedangkan yang diketahui adalah sumbu y. Jadi, momentum sumbu x sebelum terjadi lompatan bernilai 0 (nol). Satu lagi, jika yang ditanya adalah kecepatan skateboard (tanpa diperintah terhadap sumbu x atau y) maka kita harus mencari resultan daripada kecepatan yang terbentuk ( karena skateboard awalnya berjalan searah sumbu y, lalu terkena pengaruh Rudi yang melompat searah sumbu x )

m1v1 + m2v2 = m1v1' + m2v2'
0 = 15m x 1 + m x v2'
-15m = mv2'
v2' = -15 m/s ( ke arah kiri, dengan kecepatan 15 m/s )

Langkah selanjutnya adalah mencari resultan kecepatan skateboard.
kecepatan sumbu x = 15 m/s
kecepatan sumbu y = 4 m/s

vR2 = (-15)2+ 42
vR = √(225 + 16) = √241 = 15,52 m/s

Untuk arah, kita mengacu pada arah sumbu x, yaitu ke arah kiri. Maka kecepatan total skateboard adalah 15,52 menyerong ke kiri.

3)
Akan diupdate kembali ;) Coba kerjakan dulu, ya! Karena ini sudah malam, kalau tidak berusaha sendiri dan menggantungkan diri kepada orang lain, kita akan cenderung menjadi pribadi yang pemalas :) Karena memang, sifat dasar manusia adalah malas. Don't be lazy to be success!

tag: fisika, momentum, soal fisika, soal momentum, soal fisika dan pembahasannya, soal fisika dan pembahasan, soal fisika sma, soal momentum linier, soal momentum linear, momentum dan impuls, fisika kelas xi, hukum kekekalan momentum, pelajaran fisika, physics, fun physics

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook