.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

06 November 2015

Hidrokarbon Part 1 : Alkana

ferdisetiawan20 - Hidrokarbon adalah kelompok senyawa karbon yang paling sederhana. Hidrokarbon tersusun dari atom karbon ( C ) dan hidrogen ( H ). Hidrokarbon yang paling sederhana adalah metana dengan rumus molekul CH4.

Hidrokarbon dibedakan berdasarkan ikatan yang terdapat pada rantai karbonnya, yaitu:

  1. Hidrokarbon jenuh, adalah hidrokarbon yang pada rantai karbonnya semuanya berikatan dengan satu atom hidrogen (berikatan tunggal). Hidrokarbon ini disebut dengan alkana.
  2. Hidrokarbon tak jenuh, adalah hidrokarbon yang pada rantai karbonnya ada yang berikatan dua maupun tiga atom hidrogen. Hidrokarbon yang berikatan dua dinamakan alkena, sedangkan hidrokarbon yang berikatan tiga dinamakan alkuna.

Alkana

Atom karbon memiliki nomor atom 6, sehingga mempunyai elektron valensi sebanyak 4. Jadi, atom karbon dapat mengikat hingga maksimal 4 atom karbon, artinya memiliki empat tangan ikatan. Dalam alkana, jika tangan ikatan tidak digunakan untuk mengikat atom karbon yang lain, maka akan digunakan untuk mengikat atom hidrogen.

Rumus umum untuk molekul alkana adalah CnH2n+2.
Deret senyawa karbon alkana pada setiap anggota dari yang satu ke anggota yang lain akan bertambah sebanyak CH2. Deret yang demikian disebut juga dengan deret homolog. Adapun sifat-sifat daripada deret homolog alkana yaitu:

  1. Mempunyai rumus umum, yaitu CnH2n+2.
  2. Antara satu anggota dengan anggota berikutnya memiliki beda CH2.
  3. Selisih massa rumus antara anggota yang satu ke anggota berikutnya adalah 14.
  4. Titik didih sebanding dengan panjang rantai atom karbon. Semakin panjang rantai atom karbon, semakin tinggi titik didihnya.

tag: alkana, rumus alkana, hidrokarbon, hidrokarbon tak jenuh, hidrokarbon jenuh, deret homolog, karbon, hidrogen, kimia, pelajaran kimia, kimia kelas xi, hidrokarbon kelas 11, pelajaran kimia kelas 11 semester 1, sifat deret homolog alkana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook