.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

05 Maret 2015

Jenis-Jenis Obat

ferdisetiawan20 - Mungkin sebagian dari Anda pernah melihat ada suatu tanda (biasanya berbentuk bundar atau lingkaran) pada kemasan suatu obat. Pernahkah Anda bertanya apa arti dari tanda tersebut? Saya juga pernah mengalami hal serupa. Saat saya masih kecil, saya bertanya-tanya untuk apa suatu obat diberi tanda-tanda demikian?

Pada artikel ini kita akan membahas tentang jenis-jenis obat. Jenis-jenis obat dapat dibedakan melalui tanda-tanda yang ada pada kemasan obat. Suatu obat ada yang memerlukan resep dokter, ada pula yang tidak. Mari kita bahas satu per satu!

Obat Bebas 

Obat bebas, adalah obat yang beredar secara luas di masyarakat. Obat ini tidak memerlukan resep khusus dari dokter, karena kandungan obat bebas ini tidaklah berbahaya bagi tubuh manusia yang meminumnya. Obat ini dapat ditemui di mana saja, termasuk di warung-warung kecil (jika memang menjualnya). Tanda obat bebas adalah lingkaran dengan tepi berwarna hitam dan warna latar hijau. Berikut adalah contoh obat bebas.

Obat Bebas Terbatas

Obat bebas terbatas, adalah obat yang tersedia di apotek-apotek. Biasanya ada yang menggunakan resep dokter, ada pula yang tidak. Obat ini memiliki tanda lingkaran dengan tepi berwarna hitam dan warna latar biru. Berikut adalah contoh obat bebas terbatas.

Obat Keras

Obat keras, adalah obat yang hanya tersedia di apotek dan hanya dapat diperoleh dengan menggunakan resep dokter. Obat ini tidak dapat tersebar di mana-mana karena kandungan yang dimiliki oleh obat keras dapat menimbulkan efek yang mungkin akan mengganggu sistem kerja organ jika digunakan secara tidak benar. Tanda yang dimiliki oleh obat keras adalah lingkaran dengan tepi berwarna hitam dan latar berwarna merah serta terdapat huruf K di dalam lingkaran tersebut. Berikut adalah contoh obat keras.

Sekian artikel ferdisetiawan20 kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan materi, Anda boleh memberikan kritik atau membenarkan materi dalam artikel ini. Sampai jumpa :)

tag: obat-obatan, jenis obat, jenis-jenis obat, obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras, apotek, farmasi, kedokteran, macam obat, macam-macam obat, penggolongan obat, obat keras adalah, obat bebas adalah, obat bebas terbatas adalah, obat yang diperoleh dengan resep dokter disebut, obat yang tersebar dimana-mana disebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook