.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

23 Maret 2014

Microsoft Office Excel, Rumus SUM

ferdisetiawan20 - Selamat Minggu pagi! Maaf ya, dua hari terakhir saya tidak memperbarui artikel di blog ini. Saya masih mengurusi beberapa hal yang dibutuhkan menjelang ujian sekolah besok. Baiklah, hari ini kita akan membahas tentang Rumus SUM pada Microsoft Office Excel.

Seperti namanya, SUM artinya jumlah. Nah, rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan data. Misalkan saja saya ingin menjumlahkan data di bawah ini.
Maka, rumus sederhana untuk menjumlahkan data tersebut adalah,
=SUM(A1:A10)
Maka diperoleh hasil sebagai berikut.
Perlu diketahui, rumus SUM adalah rumus untuk menjumlahkan. Jika anda ingin mengurangkan data, maka tuliskan satu persatu.
=SUM(A10-A9-A8-A7-A6-A5-A4-A3-A2-A1)
Cukup rumit ya, hehe. Rumus ini menjumlahkan A10 dengan negatif A9.  Maka hasil akhir adalah seperti berikut.
Ups, untuk rumus sederhana rumus SUM ini adalah sebagai berikut.
=SUM(number 1, number 2, number 3, ...)
Rumus SUM menurut saya adalah yang paling sederhana, dan ingat! Rumus SUM tidak sama dengan rumus COUNT. Rumus SUM adalah rumus yang digunakan untuk menjumlahkan jumlah data, sedangkan rumus COUNT adalah rumus yang digunakan untuk menjumlahkan banyak data.

Sekian artikel ini, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskan di kolom komentar! Terima kasih telah mengunjungi blog saya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook