.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

20 Maret 2014

Microsoft Office Excel, Penggunaan Formula IF (Bagian 2)

ferdisetiawan20 - Selamat siang! Kita kemarin sudah membahas tentang formula IF ya, tapi sekarang kita akan membahas lagi materi ini. Untuk hari ini, kita tidak membahas Formula IF ketika tes logika adalah sebuah angka, melainkan tulisan atau huruf!

Saya perjelas lagi. Ketika kita membuat formula IF pada angka, seperti pada posting sebelumnya, yaitu saya menentukan kelulusan yang berdasarkan pada angka. Nah, sekarang saya akan menentukan kelulusan yang berdasarkan pada huruf. Mari kita pelajari materi yang baru ini (baru di blog ini maksudnya, hehe)!

Saya memiliki nilai 89, dengan kriteria kelulusan minimal adalah 85. Lalu saya memasukkan nilai 89 ke dalam kolom E4.  Lalu saya memasukkan angka 85 di kolom B3. Nah, saya akan menentukan kelulusan di kolom B6 dengan cara yang sama seperti posting bagian pertama.

Tuliskan pada kolom B6,
=IF(E4>=B3;"LULUS";"TDK LULUS")
Atau jika anda menginginkan tulisan di kolom B6 dengan angka 1 jika lulus dan 0 jika tidak lulus, maka ketikkan ini di kolom B6,
=IF(E4>=B3;1;0)
Ingat! Ketika anda menginginkan value if true atau value if false dalam bentuk angka, maka tidak perlu menambahkan tanda petik (") di dalam rumus.

Cukup mudah. Sekarang saya menginginkan catatan terhadap hasil nilai saya. Misalnya,
Belajar lebih giat lagi! atau Pertahankan prestasimu!
Maka cukuplah dengan fungsi IF sebagai berikut.
=IF(B6="LULUS";"Pertahankan prestasimu!";"Belajar lebih giat lagi!")
atau
=IF(B6="TDK LULUS";"Belajar lebih giat lagi!";"Pertahankan prestasimu!")
Cukup mudah bukan? Hehe.
Baiklah, sekian dulu posting hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin o:)
Terima kasih anda telah mengunjungi blog saya! Datang lagi, ya! :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook