.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

07 Juni 2014

Cara Mencari Umur di Excel

Rumus Datedif di Excel | Cara Mencari Umur di Excel | ferdisetiawan20 - Selamat malam! Sekarang saya akan membahas tentang Excel lagi, setelah posting tadi juga membahas tema serupa. Tapi hari ini saya akan membahas tentang topik yang berbeda, yaitu Cara Mencari Umur di Excel. Umur yang saya maksudkan di sini adalah seperti tertulis di bawah ini:
15 tahun 0 bulan 13 hari
Nah,, untuk kali ini, kita menggunakan rumus DATEDIF. Sebelumnya, tuliskan dulu tanggal lahir anda di kolom terserah anda, tetapi saya hari ini menulis tanggal lahir (disamarkan) di kolom C4. Setelah itu, masukkan tanggal hari ini. Perhatian! Format tanggal harus sama dengan gambar di bawah ini, yaitu tanggal/bulan/tahun!
Untuk tanggal hari ini, saya masukkan ke dalam kolom C5.

Untuk mengetahui umur dalam bentuk tahun, maka tuliskan kode di bawah ini ke kolom mana saja terserah anda.
=DATEDIF(C4;C5;"Y")&" tahun"
Maka hasil dari formula tersebut adalah seperti gambar di bawah ini.

Perlu diketahui, ketika anda ingin untuk menambahkan kata "tahun" atau apa saja, beri kode berikut setelah kode utama!
&"(spasi) kata terserah anda"
Perintah "y" pada kode tersebut (cek kembali kode datedif di atas) adalah perintah untuk mencari tahun. Maka untuk mencari bulan (tepatnya selisih bulan), perintahnya adalah "ym".
=DATEDIF(C4;C5;"YM")&" bulan"
Maka hasilnya seperti di bawah ini.

Lalu bagaimana tentang hari? Perintah untuk selisih hari adalah "md". Maka seperti di bawah ini.
=DATEDIF(C4;C5;"MD")&" hari"
Dan akan nampak seperti di bawah ini.
Nah, saatnya penggabungan rumus!
Saya sudah sampaikan ketika anda ingin menambahkan suatu kata, anda tinggal menambahkan &"(spasi) kata terserah anda". Maka hal ini juga serupa dengan penggabungan rumus. Mari kita cek di bawah ini!
=DATEDIF(C4;C5;"Y")&" tahun "&DATEDIF(C4;C5;"YM")&" bulan "&DATEDIF(C4;C5;"MD")&" hari"
Dan hasilnya seperti di bawah ini!

Baiklah, itu tadi tutorial Excel untuk hari ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook