.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

15 Juni 2014

Kandungan Gizi pada Jamur Tiram

Pleurotus Ostreatus
Kandungan Jamur Tiram | Manfaat Jamur Tiram | ferdisetiawan20 - Selamat malam! Pernahkah anda melihat jamur tiram? Jamur tiram (Latin: Pleurotus Ostreatus) ternyata memiliki beberapa manfaat dalam menyembuhkan kesehatan, lho! Salah satunya adalah menurunkan kolesterol!

Berdasarkan penelitian dari Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkom, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Jamur tiram merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Kandungan protein sekitar 10,5 - 30,4%.

Setiap 100 gram jamur tiram mengandung 367 kalori, 10,5-30,4% protein, 56,6% karbohidrat, 1,7-2,2% lemak, 0,20 mg thiamin, 4,7-4,9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin dan 314 mg kalsium.

Sebelum kita beranjak jauh, halaman ini berasal dari sumber: Wikipedia bahasa Indonesia. Jika anda ingin membaca lebih lengkap, silakan menuju link tersebut.

Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram selain bermanfaat sebagai makanan, juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda.

Manfaat kesehatan jamur tiram adalah dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk penyakit liver, diabetes, anemia.
Karena berserat tinggi, jamur tiram juga dipercaya membantu penurunan berat badan dan membantu pencernaan.

Senyawa pleuran jamur tiram berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan.

Sekian artikel ini dibuat, untuk pengetahuan bersama. Perlu diketahui bahwa artikel ini berasal dari sumber (lihat referensi dibawah) yang diubah bentuk kalimatnya sedemikian rupa sehingga tidak persis seperti aslinya.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook