.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

30 Juni 2016

Bagaimana Memulai Bisnis Untuk Pemula

ferdisetiawan20 - Bisnis, satu kata yang mungkin kerap kali kita dengar, namun terkadang belum pernah kita alami/lakukan atau mungkin terbayang di angan-angan kita, bagaimana jika kita memiliki sebuah bisnis. Mungkin pernah terlewat di benak kita bahwa seorang pebisnis adalah orang yang selalu memakai jas kesana kemari dan selalu membawa mobil? Itu semua adalah SALAH BESAR.

Seorang pebisnis tidak harus mempunyai jas untuk memulai usahanya. Bahkan seorang pebisnis juga tidak perlu naik mobil hanya untuk membeli makan, bukan? Jikalau tempat makan ada di seberang jalan, ngapain harus pakai mobil? Hehehe. Sering kali saya melihat di Google, banyak orang mencari tahu bagaimanakah cara memulai bisnis, dengan modal sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali dengan keahlian seadanya.

Nah, disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai bagaimanakah saya memulai bisnis saya (bisnis penjualan pulsa), beserta berbagai rintangan yang harus saya hadapi tiap hari. Jujur saja, saya tidak pandai berpromosi dalam bentuk apapun di media sosial. Namun Alhamdulillah, bisnis saya ini dapat berjalan dengan baik hingga sekarang (sudah berjalan 1 tahun lebih). Dulu, saat saya masih duduk di bangku SD, sekitar 6 tahun yang lalu lah, saya pernah menjual pulsa, akan tetapi kandas di tengah jalan, dikarenakan satu kesalahan kecil, tidak memisahkan uang untuk bisnis dengan uang sendiri.

Sebelum saya memulai bisnis pulsa ini, saya menjual barang dari internet (jadi reseller), lalu saya hanya dapat melakukan empat kali transaksi, sebelum pihak supplier memutuskan hubungan (tidak menerima reseller lagi), Lalu saya bingung sekali untuk menemukan apa yang cocok untuk saya, saya mencoba berbagai cara yang saya temui di internet, seperti:

  • Ngetik Online (hmm, bisnis ini menjanjikan sekali, tapi konsekuensinya harus tahan duduk lama banget di depan komputer ngetik captcha yang makin lama makin sedikit bayarannya)
  • PTC / PPV / apalah itu yang penting kita tugasnya hanya ngeklik dan bayarannya dikit banget.
  • Jadi translator online (capek banget tiap hari mantengin laptop, belum ada orderan)
  • Daftar freelancer (pekerja paruh waktu), [bisnis ini mengharuskan kita untuk punya skill atau keahlian khusus, yang akan membuat para employer atau pemberi kerja tertarik pada keahlian kita]
  • Dan lain sebagainya....
Setelah melihat itu semua, saya rasa saya kurang puas mengenai apa yang saya dapatkan. Bayangkan saja, bagaimana jika kita dipekerjakan selama sehari semalam dan hanya dibayar Rp4.000,00 saja?
Hal tersebut cukup menguras energi kita dan juga waktu kita, tentunya. Lalu saya berpikir bahwa apa jadinya jika saya menjalankan bisnis baru, yang benar-benar berbeda dengan itu semua, dan yang terpenting adalah uangnya dapat kita terima langsung.

Saya lalu memikirkan bagaimana jika saya kembali berjualan pulsa seperti dulu, tapi dengan metode penjualan yang berbeda, yaitu dengan mencatat tiap kali ada cash flow atau aliran uang.

Cukup lah ya ceritanya, sekarang saya mau memaparkan sedikit nih bagaimana sih memulai bisnis untuk pemula itu?

  • Carilah Ide yang Cemerlang
Ide yang saya maksud disini dapat berasal dari sekitar tempat tinggal Anda atau mungkin, ada pada diri Anda! Hal pertama yang harus dilakukan dalam mencari ide adalah mengamati sekitar, apakah yang sedang dicari-cari orang saat ini - Itulah peluangnya! - Kalaupun diperlukan, buatlah daftar mengenai beberapa barang atau produk, jika Anda ingin membuat bisnis membuat sesuatu. Atau, buatlah daftar mengenai beberapa jasa yang mungkin sedang dibutuhkan orang di sekitar Anda.
  • Bulatkan Tekad
Setelah membuat daftar prioritas produk/jasa, saatnya Anda menentukan sendiri, apakah bisnis ini akan Anda lakukan atau tidak. Kalau memang ingin dilakukan, lakukan dengan serius - Jangan pernah bermain-main ketika Anda memulai suatu bisnis. Hal ini berdampak kepada kesuksesan bisnis Anda - Yakinkan bahwa bisnis ini dapat mengubah nasib Anda cepat atau lambat.
  • Jangan Takut Resiko
Semua bisnis pasti memiliki resiko - Tentu saja! Hidup saja penuh resiko, kok - Sepertinya kebanyakan kesalahan para pemula adalah tidak berani untuk mengambil resiko. Percayalah, resiko berbanding lurus dengan pendapatan Anda, hal ini dapat dicapai jika resiko tersebut Anda ambil dengan sangat bijaksana. Misalnya adalah ketika Anda sedikit mengalami defisit. Hal ini dapat ditutupi apabila Anda mengambil resiko yaitu memberikan suatu diskon besar-besaran atau hanya sebuah diskon kecil bagi para pelanggan Anda. Meskipun Anda akan mendapatkan kerugian karena diskon, percayalah hal ini akan membuat pelanggan Anda akan merasa nyaman ketika melakukan transaksi bersama Anda dan akan membeli produk Anda berkali-kali di masa yang akan datang.
  • Percaya Diri
Sekarang bukan lagi jamannya malu dengan apa pekerjaan kita. Tunjukkan kepada orang lain bahwa melalui bisnis Anda, Anda dapat membantu kehidupan orang lain. - Awalnya sih memang tidak disukai orang lain, hal ini wajar karena orang lain belum kenal dengan bisnis Anda. Lakukan yang terbaik dengan meninggalkan kebiasaan gengsi Anda dan buatlah bisnis Anda menjadi terkenal lewat media internet yang memang dapat diakses di hampir semua titik di negeri ini. - Gunakan keterampilan Anda mempromosikan produk. Tidak ada manusia yang sempurna. Oke, memang semua manusia tidak ada yang sempurna. Tapi tidak ada salahnya mempromosikan produk Anda dengan menunjukkan benefit (manfaat) apa yang diperoleh pembeli jika mereka membeli produk Anda.
  • Niat, Usaha, dan Berdoa
Setelah semua poin telah dilakukan, saatnya untuk memulai bisnis ini. Yakinlah kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa hanya Dia-lah yang membuat bisnis Anda meraup omzet yang fantastis dan juga dikenal masyarakat luas. - Tidak ada satupun di dunia ini yang luput dari kuasa-Nya. "Mintalah kepada-Ku niscaya Aku akan mengabulkan permintaanmu" - Quran 40:60 - Semoga sukses!

Motivasi untuk Anda!!!
Saya adalah penulis blog ini dan juga kepala Wijaya CELL, sebuah toko pulsa kecil-kecilan yang dapat meraup omzet hingga Rp 3 juta per bulan. Awalnya saya hanya menyebarkan melalui mulut ke mulut dan juga memiliki sedikit peminat. Dan pada akhirnya sekarang saya mendapat kepercayaan teman - teman saya satu sekolah (kebetulan saya menjual pulsa di sekolah dengan target umum teman sekolah saya. Bahkan ada juga guru saya yang membeli pulsa kepada saya).
Nantikan artikel berikutnya :)
TIDAK ADA YANG SEMPURNA DI DUNIA INI. AKAN TETAPI SEMUA MANUSIA DAPAT BERBUAT YANG TERBAIK SEBAGAI MANFAAT UNTUK MANUSIA LAIN DI SEKITARNYA
tag: jual pulsa, bisnis online, cara memulai bisnis, memulai bisnis pemula, belajar bisnis pemula, berjualan, jualan kecil-kecilan, omzet jutaan, bisnis omzet jutaan, kerja sambil sekolah, young entrepreneur, bisnis kecil-kecilan, bagaimana cara menjadi bos, bagaimana mendapatkan uang saat sekolah, berjualan pulsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook