.: Selamat datang di blog Ferdi Setiawan! :.: PERHATIAN! (9 JULI 2018) Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Blog ini saya nyatakan TIDAK AKTIF. Blog terbaru saya adalah sebagai berikut: Ferdi Huang :.: Terima kasih! :.

30 April 2014

Faktorial (Matematika)

ferdisetiawan20 - Selamat malam! Maaf 15 hari ini saya menghilang, karena persiapan untuk Ujian Nasional (UN / UNAS) hari Senin besok (5 Mei 2014). Mungkin ini posting terakhir saya sebelum saya melaksanakan UN. Tapi, setelah UN selesai, saya akan blogging lagi, kok! Hehe.

Baik, mengenal faktorial. Sebelumnya, pernahkah pembaca menemui bilangan seperti di bawah ini?
0! ; 4! ; 6! ; 10! ; dsb.
Bilangan yang memiliki akhiran tanda seru (!) dinamakan faktorial. Faktorial tidak dibatasi angka tertentu melainkan semua angka. Tapi setahu saya, bilangan faktorial adalah bilangan positif. Jika pembaca mengetahui ada bilangan faktorial yang lain, misalnya bilangan faktorial negatif, sharing yuk!

Oh iya! Cara membaca bilangan faktorial, misalnya "n!" adalah "n faktorial". Di bawah ini saya menyediakan bilangan faktorial 1 sampai 10. Yang lainnya lanjutkan sendiri, ya! Ups, hampir lupa! bilangan faktorial "0!" sama dengan 1.

0! = 1
1! = 1
2! = 1 x 2 = 2
3! = 1 x 2 x 3 = 6
4! = 1 x 2 x 3 x 4 = 24
5! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 = 120
6! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 x 6 = 720
7! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 x 6 x 7 = 5040
8! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 x 6 x 7 x 8 = 40320
9! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 x 6 x 7 x 8 x 9 = 362880
10! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 x 6 x 7 x 8 x 9 x 10 = 3628800

Nah, di atas adalah daftar bilangan faktorial 1 - 10.

Kesimpulannya, bilangan faktorial adalah jumlah perkalian dari angka 1 sebagai angka terkecil, sampai bilangan itu sendiri.
Contohnya, bisa dilihat di daftar di atas!

Oh iya, pembaca menginginkan contoh soal tidak? Hehe, baiklah. Untuk meningkatkan pemahaman kita dalam pengaplikasian terhadap soal.

Soal :
Terdapat 3 buah kotak, masing-masing diberi nama A, B dan C. Jika tiga buah kotak tersebut akan disusun secara berurutan, berapakah pola susunan yang mungkin untuk menyusun kotak tersebut?

Jawab :
Setelah diketahui jumlah kotak yang akan disusun adalah 3, maka pola susunan yang mungkin adalah 3! = 6

Berikut pola susunan yang mungkin untuk menyusun kotak tersebut.
ABC, ACB, CAB, CBA, BCA, BAC

Baiklah, sekian dulu artikel matematika ferdisetiawan20 kali ini. Sampai jumpa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap tinggalkan komentar jika terdapat tautan yang rusak atau bertanya seputar artikel ini!

Buku Tamu | Guestbook